Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Presiden Jokowi Widodo menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

  Suaramilitan.Com-Pekanbaru. Presiden Jokowi Widodo menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni di Lapa...

 



Suaramilitan.Com-Pekanbaru. Presiden Jokowi Widodo menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni di Lapangan Garuda Blok Rokan, Kota Dumai, Sabtu (1/6/2024). Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Melayu Riau.

Kebanggaan menjuruat di kalangan masyarakat Riau Khususnya Kota Dumai, karena di moment yang bersejah ini kota Dumai menjadi titik Fokus oleh Pemerintah Pusat karena di kota Dumai ini akan dilaksanakannya Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Bukan hanya kedatangan Orang Nomor 1 di Republik Indonesia ini akan tetapi Presiden Pak Jokowi menggunakan Pakaian Adat  Melayu Riau.

Presiden Joko Widodo menjelaskan alasan mengapa Lapangan Garuda Pertamina di Hulu Rokan, Dumai, Riau, menjadi lokasi upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 pada Sabtu (1/6/2024). Menurut Jokowi, ada pesan kemandirian ekonomi yang ingin ditegaskan pemerintah.

"Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat," ujar Jokowi saat memberikan amanat dalam upacara tersebut, sebagaimana dilansir YouTube Sekretariat Presiden.

"Salah satunya adalah Blok Rokan di Riau ini, tempat yang kita pakai untuk upacara peringatan Hari Lahir Pancasila," ungkapnya.

Presiden menjelaskan, setelah saham mayoritas PT Freeport diambil alih pemerintah, hal yang sama juga telah dilakukan untuk Blok Rokan. Sebelumnya, selama 97 tahun blok tersebut dikelola oleh Caltex dan Chevron yang merupakan perusahaan asing.

Salah satu pertimbangan pengambilalihan pengelolaan oleh pemerintah yakni karena Blok Rokan merupakan blok migas yang paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia.

"Kita harapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing. Dan pagi tadi saya mendapatkan laporan dari Dirut Pertamina bahwa produksi di Blok Rokan sudah mencapai 162.000 barel per hari," papar Jokowi.


No comments