Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Gubernur Riau Lepas Konda Riau Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan

( (Photo Bersama selesai Pelepasan Kontingen Jamdu Ke-25) Suara Militan. com. Pekanbaru - Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Kepemudaa...

(
(Photo Bersama selesai Pelepasan Kontingen Jamdu Ke-25)


Suara Militan. com. Pekanbaru - Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau, Boby Rachmat SSTP MSi melepas kontingen daerah (konda) Riau mengikuti Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan, Selasa (25/7/2023) di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah Riau. Konda Riau yang merupakan perwakilan dari Kwarda Riau terdiri dari 6 orang peserta pramuka penggalang dan 1 orang International Service Team (IST). 

Sementara itu, 6 peserta yang akan mengikuti Jambore Dunia tersebut yakni Rafli Dzakirah, Addini Salsabila, Amanda Kayla Iskandar, Hana Lathifah Azzahra, Safira Nailah Kayyisah, Shady Hazellana Aquene dan 1 orang IST a.n Alfa Frisa Septania.

Mewakili Gubernur Riau, Boby Rachmat dalam sambutannya mengatakan Jambore Dunia merupakan pertemuan anggota Pramuka se-dunia yang dikemas secara menarik, menantang dan penuh kreasi bagi adik-adik Pramuka. Dimana seluruh utusan Pramuka dari seluruh dunia berkumpul untuk mengasah keterampilan kepramukaan dan keterampilan diri. 

"Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi adik-adik hari ini yang diutus sebagai peserta dari Provinsi Riau mewakili rekan-rekannya untuk mengikuti Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan," kata Boby. 

Kadispora yang juga Sekretaris Mabida Riau ini berharap agar peserta dapat mengambil dan memetik pengalaman agar kegiatan yang diikuti bermanfaat terutama bagi masa depan nantinya.  

"Jadikanlah moment ini sebagai penempaan jati diri adik-adikku untuk menatap masa depan yang penuh tantangan dan dinamika agar kalian berhasil dan unggul kelak," harapnya. 

Boby berpesan agar peserta ambil dan manfaatkan pengalaman yang terbaik ini untuk tidak hanya diri sendiri tapi juga keluarga dan lingkungan. 

"Selain mewakili Provinsi Riau adik-adik juga tergabung dalam kontingen Indonesia yang tentunya mencerminkan budaya dan bangsa Indonesia yang terkenal dengan bangsa yang ramah, sopan santun dan menjunjung tinggi etika," ucapnya. Ini

Kadispora Riau mengucapkan terima kasih kepada pihak gugusdepan, kwartir, pihak sekolah dan orangtua atas dukungan dan partisipasinya sehingga Riau dapat berangkat mewakili Indonesia di ajang Jambore Dunia ke-25 tahun 2023 di Korea Selatan.

"Selamat mengikuti Jambore Dunia ke-25 tahun 2023 di Korea Selatan, jaga selalu kesehatan dan selamat pergi dan pulang selamat berkarya," tutup Boby. 

Sementara itu, Ketua Kwarda Riau Kasiarudin menambahkan dua orang dari 6 peserta yang akan berangkat ini merupakan Pramuka Garuda.  

"Jadi kalau Pramuka Garuda itu kualifikasinya sudah diatas standar dan orangtuanya itu pun mengetahui dan kita percaya Kwarcab itu memilih anak-anak itu tentu sudah baik dari kualifikasi," tambahnya.

Kasiarudin menerangkan bahwa tentu dari segi kompetensi, keterampilan kepramukaan, dan tehnik kepramukaan mereka InsyaAllah layak.

"Pelaksanaan Jambore Dunia ini dari tanggal 1 hingga 12 Agustus 2023," terang Kasiarudin.

Ketua Kwarda Riau berharap manfaatkan peluang karena disana berkumpul seluruh dunia kita adalah bagian dari kontingen Indonesia. 

"Tunjukkan budaya kita, tutur kata kita yang baik, dan mereka pasti akan memperoleh pengalaman dan pengetahuan tidak ternilai karena itu sekali dalam seumur hidup karena yang namanya Jambore ini untuk anak-anak usia pramuka penggalang," ungkapnya.

"Jadi itu kegiatan Jambore Dunia yang mereka ikuti nanti tentu memberikan kesan yang baik bagi mereka," ujarnya.

Ketua Kwarda yakin bahwa mereka akan dapat pengetahuan dan mengembangkan apa yang diperoleh dan diterapkan di gugus depan mereka. 

Sebagaimana diketahui, Jambore Dunia ke-25 atau 25th World Scout Jamboree akan diikuti oleh utusan 170 National Scout Organization (NSO) termasuk Indonesia yang diperkirakan mengirimkan 1.500 anggota Gerakan Pramuka. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1-12 Agustus 2022 bertempat di Saemanguem, Provinsi Jeollabuk-do, Korea Selatan.

Hadir pada acara melepas kontingen Anggota Mabida Harian Gerakan Pramuka Riau Prof Soewardi MS, Almunir Syafi'i, Wakil Ketua Kwarda bidang Binamuda Jon Haril SPd MPd, Wakil Ketua Kwarda bidang Kehumasan dan Informatika Alfa Frisa Septania, Kabid Layanan Pemuda Helfiandi SE MSi, Andalan Kwarda Linda Usmayati, Priyo Anggoro, Juliaris, Dedi Hendri, Sekretaris Pusdiklatda Riau Herry Syahrial, Ketua Kwarcab Kampar Aliman Makmur PhD, Wakil Ketua Kwarcab Pekanbaru bidang Binamuda Jacky Nurwandy SIP, Wakil Sekretaris Kwarcab Kampar Zafri SKom, para Ketua Mabigus dan orang tua peserta Jambore Dunia. (*) 


Pewarta: Rasid Ahmad

Editor : Sri Lestari

No comments