Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Lantik Mabicab Siak, Kakwarda Riau Apresiasi Prestasi Siak di Bidang Kepramukaan

Suara Milita.Com- Siak Sri Indrapura - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau, Kasiarudin SH melantik Majelis Pembimbing Cabang ...


Suara Milita.Com- Siak Sri Indrapura - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau, Kasiarudin SH melantik Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Siak masa bakti 2023-2028 yang diketuai Bupati Siak Drs H Alfedri MSi di Gedung Kesenian Siak, Kamis (8/6/2023).

Di elat itu, Kasiarudin mengapresiasi prestasi kabupaten berjuluk 'Negeri Istana' itu di bidang kepramukaan. 

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Kwarda Gerakan Pramuka Riau nomor 31 tahun 2023 tanggal 28 April 2023 tentang Mabicab Gerakan Pramuka Siak masa bakti 2023-2028.

Rangkaian pelantikan terdiri dari pembacaan SK, tanya jawab pelantikan, pengucapan Tri Satya, Ikrar, penandatanganan berita acara dan penyematan tanda jabatan.

Dalam sambutannya, Kasiarudin menyampaikan bahwa kiprah organisasi Gerakan Pramuka Kabupaten Siak sangat diperhitungkan dalam pembinaan dan pengembangan organisasi Gerakan Pramuka di Provinsi Riau dan juga tingkat nasional.

Selanjutnya beliau mengatakan apalagi Regu Putra dan Putri dari Kwartir Cabang Siak baru saja terpilih mewakili Kwarda Riau pada Lomba Tingkat V Nasional yang akan diselenggarakan tanggal 17-23 Juni 2023 mendatang di Cibubur, Jakarta. 

Oleh karenanya beliau berkeyakinan Pengurus yang telah dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik. 

"Saya berkeyakinan bahwa kakak-kakak yang baru saja terpilih dan dilantik sebagai pengurus Mabicab, LPK dan Kwartir Cabang Siak masa bakti 2023-2028 mampu melaksanakan tugas dan fungsi Mabicab, LPK, dan Kwartir Cabang dapat berjalan dengan baik dan lancar, " kata Kak Ilal sapaan akrabnya.

Dia berharap kegiatan-kegiatan Kepramukaan di Kabupaten Siak terus dapat berkembang dan berjalan baik, sejalan dengan tugas dan fungsi sebagaimana diatur dalam UU RI Nomor: 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Petunjuk Penyelenggaraan yang mengatur peran dan tugas Kwartir.

Beliau mengingatkan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka tentu ada pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan berdasarkan pada nilai dan kecakapan dalam upaya membentuk kepribadian dan kecakapan hidup pramuka. Kegiatan pendidikan kepramukaan dilaksanakan dengan berlandaskan pada kode kehormatan pramuka.

"Dalam Undang-Undang nomor 12 tahun 2010 juga ditegaskan bahwa kegiatan pendidikan kepramukaan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan, dan ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan progresif, " jelas mantan Kepala BPSDM Provinsi Riau ini.

Lebih lanjut beliau mengatakan apa yang sudah dilakukan oleh Kwarcab Siak dalam pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka di Kabupaten Siak serta prestasi yang telah diraih tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi pemerintah kabupaten dan dukungan pihak swasta yang ada di Kabupaten Siak. 

Apalagi tahun 2024 Kwarcab Siak ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Sidparda dan Rakerda serta kegiatan Raimuna Daerah. Tentunya menurutnya, memerlukan dukungan dan partisipasi semua pihak agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Kepada Bapak Bupati yang sebelumnya pernah menjadi Ketua Kwartir Cabang Siak selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Siak, saya titipkan harapan untuk terus membantu dan membimbing Kwartir Cabang Siak sehingga proses kegiatan pendidikan Kepramukaan di Kabupaten Siak dapat terus berjalan dengan baik," pesan Kasiarudin.

"Sehingga anak-anak, kaum muda harapan bangsa ini dapat mandiri dan berakhlak, serta mempunyai jiwa dan karakter serta semangat yang tinggi dalam meraih cita-citanya," tambahnya.


Hadir pada acara pelantikan Sekretaris Kwarda Riau Indra Irianto, Bupati Siak, Forkompinda, Para Kepala OPD, Pengurus LPK, Pengurus Kwarcab Siak, dan undangan lainnya. (*) 


Penulis : Irwan Yuliadi

Editor : Sri Lestari

No comments