Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Kwarcab Pekanbaru Selenggarakan KMD Siaga, Hasilkan 100 Pembina Siaga

                                                                                                                                     PEKANBA...

                                                                           


                                                        

PEKANBARU – Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Siaga bagi Mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau resmi ditutup oleh Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Jacky Nurwandy SIP , Minggu (11/6/2023) di Bumi Perkemahan Pramuka Universitas Riau. Dari kegiatan ini menghasilkan 100 pembina siaga.  


Jacky Nurwandy dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada PGSD FKIP UNRI yang telah memberikan kepercayaan kepada Kwarcab melalui Pusdiklatcab melaksanakan KMD bagi mahasiswa PGSD.


“Terimakasih kami ucapkan kepada program studi PGSD yang telah memberikan kepercayaan kepada Pusdiklatcab Pekanbaru dalam melaksanakan KMD Siaga ini,” kata Jacky.


Dijelaskan, kegiatan ini merupakan perdana diadakan di Prodi PGSD. Diharapkan kegiatan ini bisa dilanjutkan untuk tahun berikutnya.


Dia juga mengatakan, melalui KMD Siaga telah dihasilkan 101 orang Pembina Siaga. Ini dapat membantu kekurangan Pembina Siaga di Kota Pekanbaru.


Sebagaimana diketahui bahwa standar kompetensi dari pelaksanaan KMD Siaga adalah peserta mampu menjadi pembina pramuka siaga dengan menggunakan metode kepramukaan dalam proses latihan kepramukaan sehingga menghasilkan Pramuka Siaga yang berkarakter, berkebangsaan, berkecakapan hidup, dan peduli lingkungan sesuai dengan jenjangnya. Pramuka Siaga berusia 7 s/d 10 tahun yang berada di Gugusdepan berpangkalan di Sekolah Dasar (SD) dan MI.


Sementara pengampu mata kuliah kepramukaan PGSD FKIP UNRI Dede Permana, SPd MPd menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya KMD Siaga dengan baik dan lancar. Ia mengucapkan terimakasih kepada Kwarcab Kota Pekanbaru atas pelaksanaan KMD.


“Kami sangat bersyukur atas terlaksananya KMD ini dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-sebesarnya kepada Kwarcab Kota Pekanbaru sehingga pelaksanaan KMD berjalan dengan baik dan sukses, ” kata Dede.


Lebih lanjut beliau mengungkapkan, mata kuliah kepramukaan di PGSD adalah mata kuliah pilihan bagi mahasiswa dengan beban 2 SKS. Berdasarkan permohonan dari PGSD FKIP UNRI ke Kwarcab Kota Pekanbaru dan hasil pertemuan dengan Pusdiklatcab Kota Pekanbaru maka KMD Siaga ini dapat dilaksanakan.


Kemudian, melihat pelaksanaan KMD perdana ini berjalan dengan baik dan antusias peserta yang luar biasa serta dampak dari hasil KMD maka Insya Allah KMD akan dilaksanakan lagi pada tahun yang akan datang.


“Saya berpesan kepada adik-adik mahasiswa, ambillah yang baik-baik, informasikan yang baik-baik kepada adik-adik di bawah kalian sehingga minat mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah kepramukaan tetap tinggi. Karena melalui kegiatan kepramukaan dapat membentuk karakter adik-adik” pesannya.


Beliau menambahkan, berencana akan menjadikan mata kuliah kepramukaan menjadi mata kuliah wajib namun karena terkendala regulasi maka belum bisa dijadikan mata kuliah wajib. Ia juga berencana akan menjadikan ijazah KMD sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) S-1 PGSD.     


Pemimpin Kursus Nur Iskandar melaporkan KMD Siaga dilaksanakan di dua tempat yakni di ruangan pada tanggal 25 Februari 2023, 4 Maret 2023, 11 Maret 2023, 18 Maret 2023, 1 April 2023, 8 April 2023, 20 Mei 2023 dan 27 Mei 2023 dan di perkemahan tanggal 9-11 Juni 2023.


Nur Iskandar menambahkan KMD diikuti oleh 101 orang peserta dan dilatih oleh 10 orang Pelatih dari Pusdiklatcab Kota Pekanbaru.


“Berdasarkan hasil penilaian baik pre test, post test, absensi, penugasan, keaktifan peserta dan hasil rapat Tim Pelatih, ditetapkan sebanyak 10 orang lulus dengan predikat lulus terbaik, kemudian sebanyak 88 baik lulus dengan predikat baik, 2 orang lulus bersyarat dan 1 orang tidak lulus, ” kata Nur Iskandar.


Adapun peserta terbaik di kelas A adalah Dian Juli Lestari, Vidola Ardiaulya, Putri Zalika Wulandari, Islahul Adila Rahma, Novelia Rahmi sedangkan kelas B adalah Annisa Ulfa Khaira, Evi Rismawati, Lora Septiana, Putri Harmadani, Elsya Meizahwa.


“Selanjutnya evaluasi KMD dapat kami laporkan sebagai berikut, pelaksanaan KMD baik, tim pelatih baik, panitia baik, konsumsi baik, sarana prasana baik dan hubungan antara peserta dengan pelatih dan panitia baik, ” katanya.   


Hadir pada penutupan KMD, Tim Pelatih KMD yakni Edy Aldrin, Irwan Yuliadi, Madahar, Elly Agustina, Susi Indrayani, dosen pengampu mata kuliah Dra Gustimal Witri, MPd, Panitia dan peserta.


Penulis : Irwan Yuliadi 

Editor : Sri Lestari

No comments