Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Syamsuar Jadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-62, Wujudkan SDM Pramuka yang Profesional

Gubernur Riau selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Riau Syamsuar menjadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-62 Tingkat Daerah Riau di halaman Ka...


Gubernur Riau selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Riau Syamsuar menjadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-62 Tingkat Daerah Riau di halaman Kantor Gubernur Riau, Senin (14/8/2023).


Pekanbaru - Gubernur Riau selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Riau Syamsuar menjadi Pembina Upacara pada Peringatan  Hari Pramuka ke-62 tingkat Kwartir Daerah Riau, Senin (14/8/2023 di halaman kantor Gubernur Riau Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Deretan pesan disampaikan, salah satunya peningkatan kualitas gugus depan (Gudep). 


"Kwartir Nasional telah menaruh perhatian agar kualitas gugus depan pramuka juga ditingkatkan. Peningkatan kualitas itu harus didahului dengan peningkatan kualitas pembina dan pelatih pramuka," ujar Gubernur. 


Untuk itu, Syamsuar berharap kwartir di semua tingkatan harus turut membantu meningkatkan kualitas gugus depan yang berada di pangkalan Gudep masing-masing. 


Di kegiatan yang mengusung tema utama "Mari Kita Wujudkan SDM yang profesional dan Berwawasan Kebangsaan" ini", Gubernur mengatakan tema ini menunjukkan semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional. "Mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan," kata Gubernur Riau, membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso. 


Disamping itu, kata Gubernur, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara.


"Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan," katanya. 


Kamabida Riau ini mengakui bahwa kegiatan pramuka di Riau cukup aktif. Semoga di Hari Pramuka ke-62 ini Gerakan Pramuka di Riau semakin jaya dan sukses.   


Ia berharap adik-adik pramuka nantinya bisa menjadi tokoh-tokoh bangsa yang memelihara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Kami berharap mereka (adik-adik pramuka) nanti bisa menjadi tokoh-tokoh bangsa dimasa yang akan datang dan sekaligus bisa memelihara NKRI," harapnya. 


Usai pelaksanaan Upacara Hari Pramuka ke-62 Gubernur Riau Syamsuar pada kesempatan itu menyerahkan tanda penghargaan kepada penerima Lencana Melati, Darma Bakti, Karya Bakti dan Pancawarsa. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan tunggul dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba gugus depan Ramah Lingkungan 2023. Kemudian Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan tanda penghargaan Pramuka Garuda Golongan Siaga, Penggalang dan Penegak utusan Kwarcab Siak.


Ada 250 adik-adik pramuka penggalang dan sekitar 1000 penegak dari gugus depan di Kwarcab Kota Pekanbaru hadir pada upacara tersebut.


Selain itu usai Upacara Hari Pramuka diisi dengan kegiatan penerbangan pesawat aero modeling jenis chuck glider hasil karya anggota SAKA Dirgantara Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin oleh Forkopimda Riau dan penyerahan souvenir pesawat aeromodeling jenis chuck glider kepada Forkopimda. 


Kemudian dilanjutkan dengan aksi penampilan Drumband dari SD Negeri 028 Kubang Jaya dan Tarian Melayu Kreasi dari SMK Labor Pekanbaru. 


Hadir pada Upacara Hari Pramuka ke-62 tingkat Kwarda Riau yakni Forkompinda, Ketua Harian Mabida Riau Masrul Kasmy, Anggota Mabida Riau, Ketua Kwarda Riau, Kasiarudin, Sekretaris Kwarda Indra Irianto, Kadispora Riau Boby Rachmat, Andalan Kwarda Riau, panitia hari pramuka ke-62 dan undangan lain.


Pewarta: Rasid Ahmad (Pusinfo)

Editor: Sri Lestari (Kapusinfo)

No comments