Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Gubri Lepas Kontingen Rainas XII, Ini pesannya

Pekanbaru - Gubernur Riau (Gubri) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau Syamsuar melepas secara resmi konting...


Pekanbaru - Gubernur Riau (Gubri) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau Syamsuar melepas secara resmi kontingen Raimuna Nasional XII Kwarda Riau di Balai Serindit Gedung Daerah Riau, Jum'at, 11/8/2023.

Gubri berpesan agar peserta selalu menjaga kesehatan.

"selama seminggu kegiatan ini berlangsung,  agar semua kegiatan bisa diikuti tentu fisik harus kuat, oleh karenanya tetap jaga kesehatan," kata Syamsuar.

Selain itu, Ketua Mabida Riau ini berpesan agar menjaga kekompakan serta menjaga nama baik daerah Bumi Melayu Lancang Kuning. Kemudian ia juga mengingatkan agar memanfaatkan kegiatan tersebut untuk mencari serta berbagi pengalaman.


"Manfaatkan momen ini dengan baik, sangat sayang jika hanya pergi saja tanpa ada yang dibawa pulang ke Riau ini," imbuhnya.

"Selamat mengikuti kegiatan Raimuna Nasional XII di Cibubur dan mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat." ucap Kamabicab Siak dua periode ini.

Kepada Pimpinan Kontingen dan Pembina Pendamping beliau berpesan agar mengawal peserta Raimuna Nasional karena sebagian besar peserta belum pernah ke Cibubur.

"dengan mengharapkan ridha Allah SWT dan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, kontingen Raimuna Nasional XII saya lepas secara resmi" ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Kontingen Daerah Riau Raka Teguh Pratama menyampaikan Raimuna merupakan pertemuan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kata Raimuna merupakan bahasa Ambai dari daerah Yapen Waropen, Papua. “Rai” yang berarti sekumpulan orang dengan tujuan tertentu, dan “Muna” yang berarti kekuatan yang bernilai baik dalam mencapai kesuksesan, menjadi pegangan kuat dalam setiap penyelenggaraan Raimuna di segala tingkatan untuk dapat menjadi wadah yang tepat dalam segi pengembangan diri, peningkatan kualitas, dan pendorong kemajuan generasi muda. 

Ia menambahkan bahwasanya Raimuna Nasional XII Tahun 2023 ini akan dihadiri oleh 25.000 peserta Pramuka Penegak Pandega dari 34 Provinsi se-Indonesia yang akan berkumpul di Bumi Perkemahan dan Garaha Wisata Cibubur, Jakarta Timur pada tanggal 14-21 Agustus 2023.

Ia juga menjelaskan kegiatan apa saja di Rainas XII yakni kegiatan di dalam perkemahan terdiri dari youth development town, Rover challenge, youth contingent talent, fun sport, jumpa tokoh, beranda Nusantara, kuliner Nusantara, gelang ajar, festival kopi dan teh, Karnaval Nusantara.

Sedangkan untuk kegiatan luar Bumi Perkemahan terdiri dari kampus bangkit, magang bangkit, wisata, dan bakti.

"Total keseluruhan Personil Kontingen Daerah Riau adalah sebanyak 446 orang terdiri dari unsur Konda 10 orang, Indragiri Hulu 46 orang, Indragiri Hilir 26 orang, Kampar 33 orang, Bengkalis 35 orang, Kota Dumai 35 orang, Kota Pekanbaru 35 orang, Kuantan Singingi 35 orang, Rokan Hulu 35 orang, Siak 52 orang, Rokan Hilir 34 orang, Pelalawan 35 orang dan Kepulauan Meranti 35 orang" kata Raka Teguh Pratama.

"semoga Kontingen Daerah Riau dapat menjaga nama baik Riau dan mengikuti kegiatan Raimuna Nasional XII dengan baik, serta dapat memberikan citra terbaik bagi masyarakat dan Gerakan Pramuka" tambahnya.

Hadir pada acara pelepasan perwakilan Forkompinda, Kadispora Riau yang juga Sekretaris Mabida Riau Boby Rachmat, Anggota Mabida Harian Prof Soewardi MS, Ketua Kwarda Kasiarudin, Wakabinamuda Kwarda Jon Haril, Ketua LPK Kwarda Toni Werdiansyah, Andalan Kwarda, Pengurus DKD Riau, para Pimpinan Kontingen, para Pembina Pendamping, Peserta dan undangan lainnya.


Penulis : Irwan Yuliadi (Humas Kwarda Riau)

No comments