Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Senjata Wartawan Bernama Konfirmasi : Dirut PJC "Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H"

Suara Militan-Pekanbaru : Direktur Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC) sebagai pemateri dalam Pelatihan Jurnalisti...


Suara Militan-Pekanbaru : Direktur Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC) sebagai pemateri dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Redaktur yang ditaja Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC) Sabtu (16/4/2022) di  Ball Room, Hotel New Hollywood.
Pelatihan ber-tema: "Peningkatan Kompetensi & Propesionalisme Wartawan", itu diikuti 35 wartawan dari  puluhan media di Riau.

Pelatihan yang berlangsung dari pukul 13.00 WIB hibgga Pukul 18. 00 WIB  itu dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Jaringan Media Syber Indonesia (JMSI), Ir. Yanto B Situmeang.
Acara pelatihan sekaligus Buka Puasa Bersama dan diakhiri acara hiburan tanding vokalis dengan iringan musik "karaoke".

Ketua Panitia Pelaksana, Asmanidar H.Zainal, SH yang juga tampil sebagai salah seorang Narasumber menyebut, pelatihan itu merupakan realisasi program dan misi PJC memberi pencerahan bagi Insan Pers. Dalam Pelatihan ini menghadirkan empat narasumber itu: Kesatu, Direktur Utama PJC, Drs. Wahyudi El Panggabean, MH., mantan Wartawan Majalah FORUM Keadilan, Jakarta dan mantan Pemimpin Redaksi SKH Media Riau.



"Drs.Wahyudi El Panggabean, M.H selaku Dirut PJC beliau juga sebagai pemateri pada pelatihan jurnalist Tingkat Redaktur. Dalam Pemaparan materi yang disampaikan yaitu Senjata Wartawan Bernama Konfirmasi, seorang wartawan harus mampu menyampaikan berita secara berimbang agar tidak ada kesalah pahaman dalam penyebaran informasi berita di tengah masyarakat. Ada beberapa hal yang perlu dikuasai oleh seorang wartawan dalam melakukan permintaan konfirmasi yaitu : Niat Baik, Pelajari masalahnya secara mendalam, berlatih cara komunikasi dan Jaga Penampilan." katanya.

Kedua, Irwan Efendi Siregar, Matan Wartawan Majalah TEMPO mengetengahkan teknik menulis berita menarik bagi media cetak di era menjamurnya media berita on-line.
Ketiga, Asmanidar, S.H., seorang Praktisi Hukum yang sejak puluhan tahun silam mengabdikan aktivitasnya mendalami Hukum Pers (Delik Pers).

Keempat, Wakil Ketua, JMSI Riau, Ir.Yanto B Situmeang yang juga Wakil Pemimpin Umum Berazam.Com membawakan materi: Kode Etik Jurnalistik Indonesia & Perilaku Wartawan.

Dua Direktur Cabang PJC juga hadir di acara ini. Direktur PJC Kota Dumai, Ganda Jaya Siregar beserta Direktur Pendidikan PJC Kota Dumai, Cipto Setiawan hadir mengapresiasi acara.

Direktur PJC Kabupaten Rokan Hilir, Rahmad Sutiono alias Memed juga tampak hadir. Acara ini juga menghadirkan Undangan Kehormatan, yani: Komandan Unit Intel Kodim 0301 Pekanbaru, Kapten T. Marpaung.
"Ini acara yang sangat urgen di era Medsos nyaris lepas kendali saat ini. Pelatihan ini hadir pada saat yang tepat," ujar Marpaung saat memberi sambutan.

Selain beroleh ilmu jurnalis empiris, para peserta pelatihan: mendapat sertifikat, buku jurnalistik dan dana transport, ala kadarnya. *

No comments