Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest

Suara Militan.com - PEKANBARU - Bicara soal sampah memang tidak akan ada habisnya, karena nyatanya yang namanya sampah akan terus mengalir ...



Suara Militan.com -PEKANBARU- Bicara soal sampah memang tidak akan ada habisnya, karena nyatanya yang namanya sampah akan terus mengalir bahkan mengalahkan aliran sungai Siak di Pekanbaru. Tapi bahasan kita kali tidak sedang berbicara soal banjir dan sumbatan Sampah, tapi soal begitu besarnya jumlah sampah yang muncul tiap harinya, sudah pasti ada peluang usaha modal kecil untung besar tersimpan di baliknya.
Dan yang menarik berhubung sampah itu identik dengan barang terbuang dan dianggap tak bernilai lagi sudah tentu Anda bisa mengembangkan peluang usaha modal kecil untung besar dari sana. Setidaknya biaya yang Anda keluarkan dari proses pengumpulan sampah ini akan jauh berada di bawah pendapatan yang Anda dapat dari bisnis limbah dan sampah ini.Pada satu kesempatan kami sempat membahas mengenai potensi dari usaha sampah plastik yang sampai sanggup menembus pasar ekspor ke Cina dan India.

Kali ini kami menemukan potensi lain dari sampah yang bisa berkembang sebagai peluang usaha modal kecil untung besar, yakni potensi dari sampah dan limbah kertas. Kertas mengambil bagian cukup besar dari jumlah tumpukan sampah yang tertumpuk setiap harinya. Mengingat begitu banyaknya berkas tidak terpakai yang dihasilkan oleh berbagai kantor, instansi dan dari kalangan mahasiswa serta pelajar.
Ini belum menghitung limbah kertas koran yang juga cukup banyak diminati dalam industry kertas bekas dan daur ulang.



Kabar baiknya usaha ini tidak hanya membutuhkan modal yang kecil, tetapi tidak terlalu berat untuk dijalankan. Untuk mendapatka suplai kertas bekas Anda bisa bekerja sama dengan beberapa perkantoran di sekitar gudang penyimpanan Anda untuk menjadi penampung sampah kertas yang dihasilkan kantor tersebut. Anda juga bisa mengadakan kerjasama dengan beberapa aparat di daerah pemukiman untuk menadah limbah kertas secara kontinyu di satu kawasan pemukiman.
Anda memang tidak mendapatkan kertas bekas ini secara gratis, tetapi nilai belinya sebenarnya terbilang rendah.

Hanya pada kisaran Rp 1000 sampai Rp 7000 perkilonya tergantung kualitas dan ketebalan.Tapi bila Anda bisa mengumpulkan setidaknya 10 kilo dari tiap kantor atau pemukiman secara berkala, maka pemilik sampah setidaknya bisa menghasilkan beberapa puluh ribu rupiah. Bukan angka yang buruk juga bukan, setidaknya untuk menambah uang kas RT setempat. Kertas bekas ini nantinya harus Anda pilah, pisahkan berdasar warna serta jenisnya yang terdiri dari Karton, HVS Murni, HVS Warna, Koran, dan Mix semua ini dengan variasi harga. Bila Anda bisa mensuplai ke perusahaan produsen kertas daur ulang ini dalam jumlah yang besar, bukan mustahil Anda bisa membukukan keuntungan ratusan juta.
Padahal modal Anda bisa jadi tak lebih dari 10 juta untuk gudang bedeng. Tidak salah bukan kalau kami sebut usaha pengepulan limbah kertas ini sebagai peluang usaha modal kecil untung besar?

Peluang usaha semenarik ini bukan sekedar hisapan jempol, beberapa kali kami menemukan beberapa pelaku usaha pengepulan limbah sampah kertas yang sukses dengan usaha”kotor”nya ini.
Salah satunya adalah bapak Muliadi dari Pekanbaru. Beliau sudah menjalankan usaha pengepulan limbah sampahnya ini selama 5 tahun.

Setiap hari beliau mengumpulkan setidaknya 2 ton sampah yang dikumpulkan dari beberapa perkantoran. Limbah kertas ini kemudian setiap 2 hari sekali dikirim kembali ke sebuah pabrik pengolahan limbah kertas masih diwilayah pekanbaru yang selama ini memang menjadi pengepul besar limbah kertas dan mengolahnya menjadi kertas karton daur ulang bagi banyak industry kerajinan dan mengexpornya keluar negeri.

Dari penjualannya ini dalam satu bulan bapak ini sukses membukukan omset tak kurang dari 50 juta bahkan lebih.
Dengan keuntungan bersih yang bisa dikantongi oleh bapak Sihadi bisa mencapai sekitar 40 %. Jelas angka yang fantastis bukan? 
Mari menjadi pengusaha muda yang tangguh dan sukses. (By. Dboy)



No comments